data

apakah media planner yakin membuat media planning yang tepat tanpa adanya data (dalam hal ini hanya Nielsen one and the only one).

1.      Setiap uang klien yang dikeluarkan untuk iklan harus ada pertanggungjawabannya. Klien harus mempertanggungjawabkan kepada atasannya, seterusnya sampai pada yang punya uang. Kecuali jika yang punya uang mengatakan rugi tidak masalah.

2.      Tingkat kompetisi yang semakin ketat.

3.      Media planner harus mencari media yang paling tepat untuk beriklan sehingga uang klien tidak terbuang sia-sia.

4.      Media yang paling tepat adalah yang efektif artinya pasti targetnya ada di media tsb, dan yang efisien adalah biaya yang dikeluarkan minimum untuk meraih sebanyak2nya target.

5.      Untuk poin 3 pastinya memerlukan data setidaknya data untuk referensi atau panduan memutuskan. Tidak mungkin hanya berdasarkan asumsi pribadi dan coba-coba.

6.      Jika ragu dengan data survey, ditambahkan dengan justifikasi yang lainnya (pengalaman sebelumnya yang ada buktinya, asumsi umum dan survey kualitatif; misalnya telah menjadi pembicaraan publik dan diekspose di media)

7.      Jika setuju dengan data survey, survey dan pengalaman pribadi dapat menguatkan

Iklan

~ oleh Dadang Rahmat Hidayat pada November 27, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: